Thursday, July 11, 2013

Surah Hud ayat 7-14





Assalamualaikum


Your image is loading...



Ringkasan Surah Hud ayat 7-14 :

 Al-Qur'an berasal dari ilmu Tuhan. Ilmu Tuhan itu jelas, tidak terbatas, tidak terlupakan, tidak salah seperti ilmu kita. Sehingga, tidak mungkin ada yang bisa meniru Al-Qur'an. 
Jangan mengira bahwa kekayaan itu dari materi, tetapi dari hati. Kepuasan hati dan batin merupakan kekayaan yang sesungguhnya.
Anak kecil sering bertanya, "Dimanakah Allah berada dan kapan Allah itu ada" Sesungguhnya Allah tidak membutuhkan sesuatu apapun. Sehingga, Allah juga tidak memerlukan tempat dan waktu. Kalau Allah memiliki tempat tinggal, berarti Allah memerlukan sesuatu. Tetapi karena Allah itu wujud, maka berarti Allah berada di mana-mana.
Itu juga berarti Allah tidak bersifat aniaya, karena orang yang berlaku aniaya berarti butuh. Jadi, jangan gambarkan kekuasaan Allah dengan suatu tempat.
Takdir adalah sistem. Kita berada dalam sistem, sehingga hendaknya janganlah kita memilih takdir yang salah. Karena takdir adalah suatu pilihan.
Jangan katakan takdir yang buruk itu tidak baik bagi Anda, bisa jadi takdir itu menjadikan Anda lebih baik.
Orang yang sedang diuji, pasti mengukur kemampuannya. Alangkah lebih baik untuk selalu mengukur diri kita dalam kekurangan.
Hikmah penciptaan Tuhan : Untuk ujian manusia yang akan dipertanggungjawabkan pada suatu hari untuk memperoleh ganjarannya.
Manusia harus berpacu dengan sesamanya dan makhluk lainnya, seperti kedisiplinan semut, kebersihan lebah, dll untuk menghasilkan karya sebaik-baiknya. Bukan sebanyak-banyaknya, karena banyak belum tentu baik. Lebih baik sedikit tapi berkualitas, daripada banyak tapi tidak berkualitas.
Salah satu sifat buruk dapat dilihat dari emosi dan pikiran.

SEKIAN, WASSALAM



2 comments:

  1. Ka, ini tugas dari sekolah, ya?
    soalnya, dulu aku juga ditugasin meringkas intisari surah. .___.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, nggak kok dek, cuma kepengen nge-share aja, supaya nggak lupa, hehe ^^

      Delete