Monday, May 6, 2013

UH 2 Sejarah Sem 2






Assalamualaikum



iPiccy: Loading picture



Apa kabar teman? Kalau saya dalam keadaan bad mood nih. Yah, hari ini, entah mengapa rasanya sial sekali. Pagi-pagi setelah upacara aja udah digemparkan dengan yang begituan. Karena sudah terlanjur memalukan, sekalian aja saya ceritain di blog *putus asa*
Terus gitu, padahal sejarah udah serius belajar, semua yang ada di buku catatan, ane hafalin.. Tapi, seperti biasa, hasilnya nihilll.. semua materi yang saya hafal, nggak ada yang keluar. Gimana nggak kecewa berat, coba? Ya, walaupun, memang ini juga karena kesalahan saya sih yang tidak memanfaatkan kecanggihan teknologi jaman sekarang secara bijak.

Oleh karena itu, kali ini saya ingin mem-posting soal beserta jawaban UH Sejarah ke-2 di semester 2 yang barusan dilaksanakan pada hari ini. Meskipun kesannya percuma, tapi semoga aja di kemudian hari dapat bermanfaat. AAMIIN !!!


SOAL :
  • Apa yang dimaksud dengan ilmu filsafat dan sebutkan 3 contoh ajaran dari filsuf terkenal di China.
  • Sebutkan apa saja kebudayaan di India yang berpengaruh terhadap Indonesia dan nama-nama dewa di India minimal 3 buah.
  • Apa yang dimaksud dengan jalur sutera dan siapakah orang Eropa yang pertama kali menemukan jalur sutera.
  • Apakah yang dimaksud dengan taman gantung yang ada di Mesopotamia?
JAWABAN :


1. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata filsafat menunjukkan pengertian yang dimaksud, yaitu pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab asal dan hukumnya.

Ajaran yang terkenal yaitu :
-  Taonisme , yang mengajarkan tentang prinsip-prinsip alam semesta.
-  Confusianisme, yang mengajarkan tentang harmonisasi.
-  Mensianisme, yang mengajarkan tentang hakikat manusia.

2.  Peradaban di India :
·        Sistem pemerintahan
·        Ada UUD
·        Ada aksara/tulisan
·        Kepercayaan (Hindu-Buddha)
·        Sistem ekonomi
·        Sistem social
·        Sistem Budaya
·        Sistem IPTEK
·        Sistem Pertanian
·        Sistem Seni

3. Jalur Sutra adalah nama yang diberikan seorang Jerman bernama Ferdinand von Richthofen pada Abad-18M, untuk jalur darat yang menghubungkan Cina dengan Eropa.

"Jalan sutra" merupakan jalan perdagangan yang dibuka oleh Tiongkok pada lebih 2 ribu tahun yang lalu. jalan itu terkenal karena menghubungkan China dengan negara-negara Asia, Eropa dan Afrika dan memberikan kontribusi yang besar untuk perubahan barang dan interaksi peradaban antara Timur dan Barat.


"Jalan sutra" merupakan jalan darat yang dibuka oleh Tiongkok pada zaman kuno untuk memungkinkan pedagang China berdagang di negara-negara Asia Tengah, Asia Selatan, Asia Barat, Eropa dan Afrika Utara. Karena sejumlah besar benang dan kain sutera dijual ke Barat melalui rute tersebut, maka jalan itu disebut "jalan sutra".


4.  Taman gantung dibangun oleh Raja Nebukadnezar-cucu Raja Hammurabi juga anak Raja Nabopalassar-sekitar tahun 600 SM untuk melipur kesedihan istrinya, Amytis, yang merindukan pohon-pohon dan tanaman-tanaman wangi yang tumbuh di kampung halamannya, Persia. Amytis berasal dari Media yang keadaan lahannya bertolak belakang dengan Babilonia, penuh dengan padang rumput hijau dan bergunung-gunung. Pernikahan Nebukadnezar dengan Amytis bertujuan politik, yaitu untuk membentuk aliansi antar bangsa.

Konstruksi dan Dimensi Taman Gantung
Ahli sejarah Yunani, Strabo dan Diodorus Siculus mencatat tentang arsitektur taman gantung yang luar biasa memukau. Strabo melukiskan teras berkubah yang saling bertumpu ke atas dan berdiri di atas fondasi berbentuk seperti kubus. Bagian dalam taman berongga dan berisi tanah sehingga memungkinkan pepohonan besar ditanam. Taman berbentuk segi empat dengan panjang masing-masing sisi berukuran empat plethra. Teras, termasuk fondasi dan atapnya, terbuat dari batu bata dan aspal. Terdapat tangga bersekrup untuk menuju atap teras teratas. Para budak menyalurkan air terus menerus dari Sungai Eufrat ke taman melewati tangga. Dari puncak teras terlihat pemandangan Kerajaan Babilonia dan sekitarnya.
                  
12895394521248410884

Taman Gantung Semiramis

Sedangkan Diodorus Siculus mendeskripsikan bahwa jalan menuju taman terjal seperti bukit dan beberapa bagian struktur bangunan menanjak dari satu anak tangga ke anak tangga lainnya seperti tanah yang ditumpuk-tumpuk. Konstruksi taman gantung terdiri dari lempeng batu besar yang dilapisi buluh, aspal dan batu ubin. Atasnya disalut lembaran timah agar hujan yang membasahi tanah tidak membuat fondasi lapuk. Terbentang tanah yang luas untuk ditanami pepohonan besar. Mesin mengangkat air dalam jumlah besar dari sungai, meskipun tidak seorang pun melihatnya dari luar. Ukuran dan pesona berbagai jenis pohon yang tumbuh memberikan kesenangan bagi orang-orang yang menyaksikannya.


1289539824373477099




Source :

Baguseven.com ,  

Baguseven.com , 

Chindonews.com , 

Usupress.usu.ac.id








This entry was posted in

1 comment: